Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Tanaman Teh Kayu Aro PTPN VI Diganti Kopi Tanaman Teh Kayu Aro PTPN VI Diganti Kopi
Komoditas.co.id –  PT Perkebunan Nusantara VI (Persero) menyatakan telah mengganti tanaman teh seluas 16 hektare di perkebunan Kayu Aro, Kabupaten Provinsi Jambi, menjadi tanaman... Tanaman Teh Kayu Aro PTPN VI Diganti Kopi

Komoditas.co.id –  PT Perkebunan Nusantara VI (Persero) menyatakan telah mengganti tanaman teh seluas 16 hektare di perkebunan Kayu Aro, Kabupaten Provinsi Jambi, menjadi tanaman kopi.

“16 hektare lahan tanaman kopi yang sebelumnya tanaman teh itu masih uji coba, kami masih melihat akan berhasil atau tidak,” kata Kepala Urusan Humas PTPN VI Rio Herman di Jambi, Minggu.

Pihak PTPN VI, kata Rio beralasan mengganti tanaman teh ke tanaman kopi jenis Arabika itu karena dari segi keuntungan penghasilan kopi lebih menjanjikan sehingga dapat menutup biaya operasional (cost) di perkebunan teh Kayu Aro tersebut.

“Rencana pergantian tanaman teh ke tanaman kopi itu berawal dari kondisi harga teh yang rendah, sedangkan harga kopi lebih menjanjikan,” katanya.

Terkait adanya penolakan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci dan DPRD Kerinci atas pergantian tanaman teh ke tanaman kopi tersebut, Rio menjelaskan bahwa pihak managemen PTPN VI tengah mencari solusi yang terbaik.

“Dari permasalahan ini nanti pasti ada titik temu yang terbaik, dan kita menghargai inisiatif Pemda dan masyarakat di kawasan Kayu Aro itu,” katanya.

Dalam mencari solusi permasalahan tersebut tidak hanya melibatkan PTPN VI, namun katanya juga melibatkan pihak Perbankan dan berbagai terkait lainnya.

Dalam waktu dekat, lanjut Rio, pihak management PTPN VI akan memutuskan hal itu, namun setelah adanya pertemuan selanjutnya dengan pihak terkait.

“Management yang memutuskan, dan juga nanti akan ada pertemuan selanjutnya antara pihak Pemda Kerinci dan pihak terkait,” katanya.

Komoditas

  • calvin

    28 April 2016 #1 Author

    sepertinya memang penualan kopi lebih menguntungkan ya dibandingkan dengan teh

    Balas

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *