Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Sindiran Kadin Buat Menteri Susi: Percuma Tegas Kalau Tak Ada Industrialisasi Perikanan Sindiran Kadin Buat Menteri Susi: Percuma Tegas Kalau Tak Ada Industrialisasi Perikanan
Komoditas- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendorong Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk lebih melibatkan pihak swasta dalam membangun industrialisasi perikanan di Tanah... Sindiran Kadin Buat Menteri Susi: Percuma Tegas Kalau Tak Ada Industrialisasi Perikanan

Komoditas- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendorong Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk lebih melibatkan pihak swasta dalam membangun industrialisasi perikanan di Tanah Air.

“Sudah tiga tahun, ikan melimpah ruah di laut. Dunia sudah tahu kita tegas. Mau diapakan kalau tidak ada industrilisasi dan pelibatan swasta,” ujar Wakil Ketua Umum Kadin Kawasan Timur Indonesia Andi Rukman Karumpa di Jakarta, Rabu.

Andi Rukman Karumpa memaparkan, Susi sebaiknya fokus dalam mengatasi ancaman deindustrialisasi perikanan serta meningkatkan nilai tambah bagi perekonomian.

Dia juga mengingatkan bahwa dalam rapat koordinasi yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Senin (8/1), hasilnya bahwa diputuskan tidak ada lagi penenggelaman kapal pada 2018 karena pemerintah ingin fokus pada upaya peningkatan produksi perikanan.

Luhut kepada wartawan seusai rapat koordinasi tersebut mengatakan, penenggelaman kapal sudah cukup dilakukan sehingga saat ini pemerintah seharusnya fokus meningkatkan produksi agar ekspor juga bisa meningkat.

Menurut mantan Menko Polhukam itu, perintah tersebut telah disampaikan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang hadir dalam rapat koordinasi itu.

Andi berpendapat, pihaknya setuju dengan usulan Luhut kapal-kapal yang melanggar akan disita untuk dijadikan aset negara. “Era marketing sudah selesailah, lebih ada manfaatnya kapal dikasih ke nelayan yang butuh kapal-kapal modern,” kata Wakil Ketum Kadin.

Sementara itu, Menteri Susi dalam akun media sosial Twitter, Selasa (9/1), menginginkan agar informasi bahwa penenggelaman kapal pencuri ikan itu telah diatur dalam UU Perikanan No. 45/2009 bisa disosialisasikan.

ANT
EP

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *