Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

RI Eropa Jajaki Perundingan Perdagangan Bidang Energi RI Eropa Jajaki Perundingan Perdagangan Bidang Energi
– Indonesia dan Uni Eropa menjajaki perundingan dalam kerja sama perdagangan bidang energi khususnya Energy and Raw Material (ERM) terkait kemudahan melakukan investasi. Staf... RI Eropa Jajaki Perundingan Perdagangan Bidang Energi

– Indonesia dan Uni Eropa menjajaki perundingan dalam kerja sama perdagangan bidang energi khususnya Energy and Raw Material (ERM) terkait kemudahan melakukan investasi.

Staf Ahli Menteri Eneegi Sumber Daya Mineral (ESDM) Bidang Perencanaan Strategis, Yudo Dwinanda Priaadi ketika di Brussel, berdasarkan informasi yang dihimpun Antara dari Kementerian ESDM Jakarta, Senin, mengatakan pertama, secara umum Uni Eropa ingin mengamankan akses terhadap energi dan mineral dari Indonesia termasuk bagaimana perlakuan penerapan bea keluar mineral.

Pembahasan ini masih berlanjut, seiring dengan posisi Indonesia yang mengedepankan kedaulatan negara dalam pengelolaan sumber daya energi dan mineral.

“Terkait raw material, semangat kita meningkatkan nilai tambah, itu amanat undang-undang. Terkait export duty mineral, lingkup pembahasannya lintas Kementerian, seperti ESDM, Perdagangan, Perindustrian dan Keuangan,” katanya.

Kedua, terkait pelaksanaan kegiatan usaha bidang energi. Berbagai permintaan disampaikan Uni Eropa karena awalnya mereka menyangka proses berusaha di Indonesia kurang memiliki kepastian, termasuk pengusahaan energi di wilayah kehutanan.

“Kita sudah berubah, sudah fast decission making. Dibuktikan setidaknya 2 tahun terakhir, 186 perizinan kita potong. Sebagai contoh di hulu migas, proses yang selama ini take years, sekarang kita selesaikan hanya hitungan bulan. Kita cukup kompetitif dibanding negara lain, bisnis proses kita terus dipangkas. Pesan ini yang kita sampaikan,” tambah Staff Ahli Menteri Bidang Investasi dan Pengembangan Infrastruktur Prahoro Yulijanto Nurtjahyo pada kesempatan yang sama.

Epung
ANT

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *