Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Pertamina Dorong Pengembangan Kawasan Ekonomi Lamomea Pertamina Dorong Pengembangan Kawasan Ekonomi Lamomea
Komoditas-PT Pertamina bekerja sama dengan Forum Layanan Iptek bagi Masyarakat (FLIPMAS) ikut mendorong mengembangkan kawasan ekonomi masyarakat (KEM) Desa Lamomea, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe... Pertamina Dorong Pengembangan Kawasan Ekonomi Lamomea

Komoditas-PT Pertamina bekerja sama dengan Forum Layanan Iptek bagi Masyarakat (FLIPMAS) ikut mendorong mengembangkan kawasan ekonomi masyarakat (KEM) Desa Lamomea, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Sultra.

Unit Manager Communication dan CSR MOR VII Pertamina Makassar, M. Roby Hervindo, saat mengunjungi KEM Lamomea, Senin, mengatakan dukungan terhadap pengembangan KEM Lamomea merupakan bagian dari Program CSR Pertamina.

“Program KEM Lamomea ini lebih dikenal masyarakat dengan sebutan KEM Pertamina Lamomea yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang hidup pada lahan marjinal dan terletak di desa terluar, terdepan, terpencil (3T),” katanya.

Caranya, kata Roby, yakni dengan cara mengubah Desa Lamomea, menjadi desa binaan dalam bidang pertanian.

“Awalnya, lahan seluas 4 hektare ini hanya lahan tidur, sekarang kita bantu petani kembangkan tanaman palawija dan sayur sayuran, Alhamdulilah bisa jadi lahan produktif yang mampu menyejahterakan masyarakat,” katanya.

Untuk membina para petani dalam kembangkan pertanian produktif, kata Roby, maka Pertamina melibatkan akademisi Prof Muhammad Taufik yang merupakan Ketua FLIPMAS.

Prof Muhammad Taufik mengaku, Desa Lamomea telah dibentuk menjadi sebuah kawasan berkehidupan dengan mengusung pertanian terpadu dan berkelanjutan, kombinasi penanaman tanaman semusim dan tahunan.

“Pertanian yang dikembangkan adalah pertanian terpadu yakni diselingi dengan pemeliharaan ternak sapi yang diikuti dengan pembuatan kandang sapi yang didesain untuk menghasilkan pupuk organik padat dan cair atau biourine,” katanya.

EPU
ANT

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *