Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Pembiayaan Jadi Kendala Terberat Bisnis Tambang Batubara Pembiayaan Jadi Kendala Terberat Bisnis Tambang Batubara
Asosiasi profesi Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia menyebutkan pembiayaan menjadi salah satu tantangan terberat yang dihadapi pengembang pembangkit listrik berbasis batubara, terutama di tengah gerakan dunia... Pembiayaan Jadi Kendala Terberat Bisnis Tambang Batubara

Asosiasi profesi Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia menyebutkan pembiayaan menjadi salah satu tantangan terberat yang dihadapi pengembang pembangkit listrik berbasis batubara, terutama di tengah gerakan dunia yang semakin peduli lingkungan.

“Tantangan terberat bagi batubara itu ‘financing’ (pembiayaan) karena sekarang tidak ada lembaga perbankan dari negara-negara Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) yang bisa mendanai pembangkit berbasis batubara,” kata Sekretaris Jenderal Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Heru Dewanto dalam diskusi di Jakarta, Jumat.

Heru mengatakan sejumlah pembiayaan yang tersisa hanyalah pembiayaan dari Jepang, Korea atau China dan domestik.

Sayangnya, pendanaan dari domestik masih dinilai kurang kompetitif karena tidak didesain untuk membiayai sektor infrastruktur termasuk kelistrikan.

“Makanya, dengan pembiayaan yang terbatas ini, kemungkinan untuk batubara mencapai 26 GW dalam 10 tahun sulit,” katanya.

Heru melanjutkan tantangan kedua yang dihadapi pengembang adalah masalah lingkungan yang menganggap batubara sebagai energi jahat. Gerakan global untuk “memusuhi” batubara pun terus dilakukan oleh para pegiat termasuk lembaga swadaya masyarakat dari dalam dan luar negeri.

“Tantangan lainnya, yaitu terkait perencanaan yang sama seperti regulasi, banyak berubahnya,” imbuhnya.

Khaira
ANT

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *