Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Pebisnis Sebut Aturan SVLK Tidak Konsisten Pebisnis Sebut Aturan SVLK Tidak Konsisten
Komoditas.co.id – Penerapan aturan yang tidak konsisten menjadi tantangan tersendiri bagi kalangan usaha dalam hal melakukan kegiatan ekspor ke luar negeri. Salah satu keluhan... Pebisnis Sebut Aturan SVLK Tidak Konsisten

Komoditas.co.id – Penerapan aturan yang tidak konsisten menjadi tantangan tersendiri bagi kalangan usaha dalam hal melakukan kegiatan ekspor ke luar negeri. Salah satu keluhan datang dari kalangan industri kayu dan kertas terkait penerapan Sistem Verifikasi dan Legalitas Kayu (SVLK).

Menurut kalangan usaha, SVLK yang sedianya menjadi dokumen bukti produk olahan kayu dan kertas hasil olahan hutan telah memenuhi kualifikasi, penerapanya dianggap tidak konsisten karena beberapa kali dicabut dan diterapkan kembali.

“Kami tidak tahu SVLK ini mau diapakan? Karena beberapa kali aturan ini diterapkan, kemudian dicabut. Diterapkan, dicabut lagi, diterapkan lagi,” ujar Liana Bratasida, Direktur Eksekutif Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI)

Liana mengatakan aturan yang tidak konsisten ini memberi dampak kerugian yang nyata bagi kalangan usaha.

“Karena aturan SVLK ini penerapannya tidak konsisten, jadi trust negara tujuan ekspor kami berkurang terhadap SVLK ini. Jadi meskipun kami sudah mengantongi SVLK, tapi kami harus melakukan uji tuntas di negara tujuan terhadap setiap kegiatan ekspor yang kami lakukan,” ujar dia.

Komoditas | Detik

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *