Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Minum Kopi Organik ‘Pinogu’ Bakal Pecahkan Rekor MURI Minum Kopi Organik ‘Pinogu’ Bakal Pecahkan Rekor MURI
KOmoditas – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango mulai menjajaki rencana pemecahan rekor MURI, yakni minum kopi organik “Pinogu” dengan melibatkan ribuan orang secara bersamaan.... Minum Kopi Organik ‘Pinogu’ Bakal Pecahkan Rekor MURI

KOmoditas – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango mulai menjajaki rencana pemecahan rekor MURI, yakni minum kopi organik “Pinogu” dengan melibatkan ribuan orang secara bersamaan.

Rencana rekor MURI ini dilaksanakan dalam rangka HUT Kabupaten Bone Bolango ke 14, pada 6 Mei 2017, dengan berlokasi di “Centre Point” “Pemecahan rekor MURI ini bukan sekedar ajang biasa, tetapi promosi tentang komoditas kopi yang terbaik di daerah ini,” kata Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Rabu.

Pemecahan rekor MURI ini akan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan lain, seperti karnaval anak sapi terbanyak.

Bupati mengajak seluruh warga dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bone Bolango untuk bersama-sama memeriahkan HUT Bone Bolango ke 14, khususnya pemecahan rekor ini.

Pemkab Bone Bolango memang saat ini fokus mengembangkan dua komoditi lokal yang dinilai bisa mengangkat derajat perekonomian petani setempat, yakni pengelolaan kopi pinogu dan gula aren.

“Secara umum ada dua produk unggulan lokal yang saat ini sedang kita kembangkan di Bone Bolango, kopi organik Pinogu dan gula aren, termasuk gula semut, karena saat ini banyak diolah petani setempat,” ujar Bupati.

Upaya pemkab saat ini dengan melakukan promosi hingga keluar daerah tentang mutu dan manfaat dua produk lokal ini, khususnya kopi pinogu termasuk mendapatkan izin produksi.

Petani juga diberikan pelatihan dan memfasilitasi alat-alat teknologi yang nantinya mendukung usaha-usaha itu.

Untuk Kopi Organik Pinogu sendiri, itu sudah keluar hak paten atau sertifikasi Indikasi Geografis dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Edgar
ANT

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *