Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Laporkan Pabrik Sawit yang Beli TBS Petani di Bawah Harga Acuan Laporkan Pabrik Sawit yang Beli TBS Petani di Bawah Harga Acuan
Sebanyak empat pabrik kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga di bawah harga... Laporkan Pabrik Sawit yang Beli TBS Petani di Bawah Harga Acuan

Sebanyak empat pabrik kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga di bawah harga yang disepakati yakni Rp1.071/kg sejak sepekan terakhir.

“Kami akan melaporkan empat pabrik kelapa sawit yang membeli sawit di bawah harga ketetapan tim itu ke pemerintah provinsi agar segera diambil tindakan karena tim dari provinsi yang menetapkan harga sawit di daerah ini,” Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Erri Siagian di Mukomuko, Rabu.

Tim perumus harga komoditas perkebunan kelapa sawit pemerintah provinsi setempat telah menetapkan harga jual sawit di tingkat pabrik sebesar Rp1.071 per kilogram.

Dari harga sebesar itu pabrik kelapa sawit diberikan toleransi sebesar lima persen untuk membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani di daerah itu, yakni sebesar Rp1.018 per kg.
Namun, katanya, masih ada empat pabrik kelapa sawit di daerah itu yang membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga lebih murah dibandingkan dengan harga ketetapan tim tersebut.

Empat pabrik tersebut, yakni PT SSJA membeli sawit petani dengan harga sebesar Rp900 per kg, padahal harga sawit di pabrik PT MMIL di wilayah Kecamatan Panarik sebesar Rp1.000 per kg.

Kemudian harga jual tandan buah segar kelapa sawit di dua pabrik kelapa sawit PT Daria Darma Pratama di Kecamatan Ipuh dan Desa Lubuk Bento masing-masing sebesar Rp1.020 per kg.

Sedangkan pabrik lainnya membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat sesuai dengan harga ketetapan tim perumus harga komoditas perkebunan provinsi.

Pabrik kelapa sawit PT KSM membeli tandan buah segar kelapa sawit sebesar Rp1.040 per kg, PT S3 sebesar Rp1.050 per kg, PT AMK sebesar Rp1.020 per kg, PT SAP sebesar Rp1.040 per kg, PT BMK Rp1.060 per kg.

Ia menyatakan, perwakilan seluruh pabrik kelapa sawit di daerah itu mengikuti rapat penetapan harga TBS kelapa sawit di provinsi. Seharusnya mereka mengikuti harga beli sawit yang telah menjadi ketetapan (KR-FTO).

Dani

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *