Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

JIIPE Bisa Kejar Ketertinggalan Daya Saing Indonesia dari Negara Tetangga JIIPE Bisa Kejar Ketertinggalan Daya Saing Indonesia dari Negara Tetangga
Komoditas – Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa kawasan industri terpadu “Java Integrated Industrial and Port Estate” (JIIPE) dapat berfungsi untuk mengejar ketertinggalan daya saing... JIIPE Bisa Kejar Ketertinggalan Daya Saing Indonesia dari Negara Tetangga

Komoditas – Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa kawasan industri terpadu “Java Integrated Industrial and Port Estate” (JIIPE) dapat berfungsi untuk mengejar ketertinggalan daya saing Indonesia dari negara tetangga.

“Saya memiiki keyakinan kita punya kawasan-kawasan terintegrasi seperti ini kita bisa mengalahkan yang tadi kita khawatir, kalah dengan Malaysia, kalah dengan Thailand, kalah dengan Vietnam, terutama untuk ekspor dan investasi,” kata Presiden Joko Widodo seusai meresmikan kawasan industri JIIPE di Gresik, Jawa Timur, Jumat.

Kawasan JIIPE memiliki memiliki Izin Usaha Kawasan Industri seluas 1.760 hektare yang dilengkapi pembangkit tenaga listrik 23 megawatt dengan sejumlah “cluster” industri.

“Ini sebuah kawasan yang saya kira contoh bagusnya di sini adalah ada ‘power plant’, pembangkit listriknya, ada pelabuhannya, sangat efisien, kalau mau ekspor dari pabrik ke pelabuhannya tidak ada satu kilometer jadi tidak ada ‘cost’ transporitasinya,” ungkap Presiden.

Dengan ditekannya harga produksi, artinya produk Indonesia juga dapat bersaing di pasar global.

“Saya senang juga, pelabuhannya juga bekerja sama dengan Pelindo, dengan BUMN (dengan pembagian) 60 : 40, 60 oleh BUMN, 40 swasta, kawasan industri dibalik, swastanya 60, BUMN 40, betul pak?” ucap Presiden.

Cara-cara seperti itu yang menurut Presiden akan mempercepat perbaikan infrastruktur baik jalan, jalan tol, pelabuhan, pembangkit listrik dan infrastruktur lainnya.

“Saya ingin kawasan-kawasan industri seperti ini, semakin banyak dibuka di negara kita sehingga semakin´┐Żbanyak membuka pekerjaan di negara kita,” tambah Presiden.

ANT
EP

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *