Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

“Investasi Saham Tak Lagi Hanya Milik Orang Kaya” “Investasi Saham Tak Lagi Hanya Milik Orang Kaya”
PT Bank Central Asia (Tbk) mendukung Sekolah Pasar Modal (SPM) dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) yang diselenggarakan Bursa Efek Indonesia (BEI) agar investor... “Investasi Saham Tak Lagi Hanya Milik Orang Kaya”

PT Bank Central Asia (Tbk) mendukung Sekolah Pasar Modal (SPM) dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) yang diselenggarakan Bursa Efek Indonesia (BEI) agar investor pasar modal kian tumbuh sekaligus bagian edukasi ke masyarakat. Berikut wawancara dengan Direktur BCA, Suwignyo Budiman, belum lama ini.

Dalam investasi saham apa yang harus diperhatikan?
Investasi saham itu kan alternatif, di indonesia, kan, baru berkembang, dan ini merupakan satu alternatif bagi masyarakat. Kalau misal deposito gampang, risiko rendah pendapatan rendah, lebih aman.

Di saham ini kan risiko besar karena harga fluktuasi return ga pasti, kalau deposito kan bunga berapa, sudah terbayang dia dapat sekian. Kalau misal Rp5 juta ditaruh di deposito ketahuan, kalau di saham bisa-bisa turun.
Artinya, ini peluang besar. Tapi dengan catatan bahwa kalau mau kesana harus tahu mengenai pasar modal terutama saham yang akan kita beli, tahu risikonya, tahu apa itu pasar modal. Kalau tidak tahu risikonya jangan taruh di saham.

Bursa Efek Indonesia menyelenggarakan Sekolah Pasar Modal (SPM), apa dampak positifnya?
Sekarang kan pasar modal sedang melakukan sekolah pasar modal, menurut saya itu tujuannya melakukan edukasi ke masyarakat supaya lebih paham pasar modal, saham, sehingga bisa investasi dengan baik. Hal apa yang diperhatikan, saham mana, risiko apa, caranya bagaimana, tidak sesimpel taruh deposito.

Kalau beli saham, pilih perusahaan efek gimana, caranya, gimana, memonitor juga. Saya kira membentuk pasar modal yang bisa mengedukasi

Apa yang dilakukan BCA dalam edukasi pasar modal?
Kami membantu sebagai bank pembayar adminisraotr RDN sekalgus membantu melakukan edukasi, sebagai narasumber. Sebagai narasumber supaya masyarakat lebih paham betul, karena cukup berisiko.

Dalam investasi ada high risk hig return, prospek saham sendiri bagaimana?
Peluang besar investasi, jumlah emiten belum banyak transaksi belum besar dibanding negara lain. Indeks belum terlalu tinggi, jadi peluang besar. Investornya juga belum ada 500 ribu. Investor lokal, total investor itu lima tahun lalu 150 ribu investor, sekarang 500 ribu, padahal penduduk kita 200 juta lebih. Jadi masih sedikit sekali yang melakukan investasi di pasar modal. Emiten kita masih 500 perusahaan, padahal perusahaan di indonesia banyak.

Pasar modal bagi perusahaan sebagai sumber dana. Dia bisa pinjam ke bank dia bisa go publik dapa langsung, bagi masyarakat sebagai alterntif investasi bagi perusahaan menjadi sumber dana. Kalau ini maju terus perekonomian bisa lebih maju ini kan create bisnis. Ini peluang panjang karena kita masih dalam tahap berkembang.

Demand tambah banyak volume frekuensi tambah besar, pasar modal didukung supaya lebih paham pasar modal sehingga berani investasi, investasi itu kan bukan selalu harus orang kaya, kalau dulu kan seperti itu. Sekarang tidak terlalu mahal.

Apa kelebihan layanan BCA yang bisa dinikmati investor saham?
Kontribusi BCA membangun transparansi, kan, bicara pasar modal perlu transparansi agar s meningkakatkan kepercayaan investor. BCA membangun kemudahan Akses investor untuk memonitor dana nasabahnya. Seperti di internet banking, mobile banking, anyime bisa dicek saldo RDN nya ada berapa, movementnya bagaimana.

Tidak terjadi lagi dananya dipakai sekuritas karena investor mengawasi. Dan sistem BCA link langsung ke Akses, si investor nasabah bisa cek portfolio dana dia ada berapa , portfolio saham ada berapa, semua ada di situ. Di mobile banking juga sangat lengkap. Katakan investor punya beberapa sekuritas, itu porfolio bisa terlihat semua.

Karena itu tadi kita link langsung ke sistem KSEI , kita link jadi lewat tim BCA , masuk ke nomor Akses, jadi transparasni tercipta dengan investor bisa memonitor semua porfolionya. Diharapkan kepercayaan ke pasar modal meningkat, tidak akan terjadi lagi pelarian karena dilibatkan memonitor, itu salah satu kontribusi terbesar BCA . DI belakang layar itu mainframe IT kita host to host dengan KSE, KPEI, dengan perusahaan efek yang kerjasama dengan kita, sehingga transaksi monitoring itu dilakukan secara terintegrasi. (ep)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *