Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Harga Anjlok, Petani Tahan Komoditas Lada Harga Anjlok, Petani Tahan Komoditas Lada
Komoditas – Petani lada yang ada di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus menunda penjualan hasil panen mereka akibat anjloknya harga. “Harga lada... Harga Anjlok, Petani Tahan Komoditas Lada

Komoditas – Petani lada yang ada di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus menunda penjualan hasil panen mereka akibat anjloknya harga.

“Harga lada saat ini masih terpuruk di kisaran Rp69 ribu hingga Rp72 ribu per kilogram. Harga tersebut turun jauh dibandingkan dengan tahun lalu yang masih mencapai Rp150 ribu,” ujar salah seorang petani lada di Desa Kimak, Kabupaten Bangka, Munir, Rabu.� Hal tersebut menurutnya, memaksa para petani lada di Kabupaten Bangka untuk menahan penjualan lada ke pasaran karena takut merugi.

“Kalau harga lada murah, kami kumpul dulu lada yang panen, seketika harga naik dan berada di posisi standar baru kami jual,” jelasnya.

Menurutnya, meskipun sistem resi gudang sudah diberlakukan oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung sejak beberapa waktu lalu dengan tujuan untuk meningkatkan harga lada, hingga saat ini belum menunjukkan dampak positif bahkan harga lada justru terus merosot.

“Meskipun para petani lada sudah berupaya menahan ladanya untuk tidak di jual namun strategi tersebut ternyata belum mampu menaikkan harga lada,” tuturnya.

Begitu juga dengan petani lada asal desa Balunijuk, Kabupaten Bangka, Yuswan yang juga merasakan dampak turunnya harga lada dan memilih untuk menahan penjualan ladanya.

“Kalau harga lada murah seperti ini bisa-bisa kita rugi dan sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup,” ujarnya.

Ia berharap agar harga lada bisa bangkit kembali, setidaknya bisa mengimbangi biaya operasional petani agar tidak merugi.

Khairi
Antara

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *