Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

GIMNI: Minyak Nabati Eropa Lakukan Dumping GIMNI: Minyak Nabati Eropa Lakukan Dumping
Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) menyatakan minyak nabati kemasan atau bermerek asal Eropa melakukan dumping di Indonesia, sehingga menyebabkan gangguan pada industri dalam... GIMNI: Minyak Nabati Eropa Lakukan Dumping

Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) menyatakan minyak nabati kemasan atau bermerek asal Eropa melakukan dumping di Indonesia, sehingga menyebabkan gangguan pada industri dalam negeri.

Direktur Eksekutif GIMNI Sahat Sinaga di Jakarta, Rabu, mengungkapkan, sebagai pihak yang dirugikan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan volume impor untuk minyak nabati secara umum.

“Pasalnya industri Indonesia tidak membedakan antara minyak berbasis biji yang berbeda tersebut, baik dari sudut pandang perdagangan atau lingkungan,” katanya melalui keterangan tertulis.

Pemeriksaan juga sedang dilakukan, apakah minyak nabati tersebut disubsidi, lanjutnya, jika ada cukup bukti, pihaknya akan mengajukan keluhan kepada Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) terhadap semua impor dari Eropa.

Menurut dia, cara ini dianggap fair karena ketika Uni Eropa menuding Indonesia, langkah-langkah tersebut juga diterapkan di seluruh Uni Eropa.

Sahat mengatakan indikasi awal menunjukkan adanya dumping terhadap minyak nabati berbasis rapeseed, minyak zaitun, minyak bunga matahari dan minyak jagung.

Indikasi tersebut, tambahnya, sangat beralasan mengingat minyak berbasis biji asal Uni Eropa biaya produksinya sangat tinggi yang disebabkan produktivitas minyak nabati mereka jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan minyak kelapa sawit.

“Oleh karena itu, harga minyak nabati asal Eropa dipastikan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan minyak nabati berbasis sawit,” katanya.

Epung
AT

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *