Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Geothermal, Energi yang Menjanjikan Kemandirian Bangsa Geothermal, Energi yang Menjanjikan Kemandirian Bangsa
Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mengemukakan bahwa geothermal atau tenaga panas bumi yang kapasitasnya tersebar di sejumlah titik di Nusantara bila dimanfaatkan dengan... Geothermal, Energi yang Menjanjikan Kemandirian Bangsa

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mengemukakan bahwa geothermal atau tenaga panas bumi yang kapasitasnya tersebar di sejumlah titik di Nusantara bila dimanfaatkan dengan baik akan sangat mendukung kemandirian bangsa di sektor energi.

“Geothermal ini adalah energi yang menjanjikan karena terus terbarukan dan ini akan memberikan kefaedahan bagi kemandirian bangsa,” kata Agus Hermanto dalam rilis, Sabtu.

Untuk itu, Agus juga mengutarakan harapannya agar berbagai wilayah kerja panas bumi (WKP) seperti di gunung Ungaran, Jawa Tengah, dapat berjalan dengan baik dan juga lancar.

Politisi Partai Demokrat itu mengingatkan bahwa gunung Ungaran menyimpan potensi energi terbarukan sebesar 55 megawatt (MW).

Ia mengemukakan saat ini ada sekitar lima wilayah WKP di Jawa Tengah, tetapi pada saat ini baru WKP Dieng saja yang telah beroperasi.

Dalam pengembangan geothermal, ujar dia, diharapkan pula agar terjalin sinergi antara pemerintah, BUMN dan akademisi dalam rangka menyerap tenaga kerja lokal serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah.

Sebagaimana diketahui, sumber energi yang termasuk dalam kategori energi yang terbarukan bukan hanya geothermal, tetapi juga bisa berasal dari sumber lainnya seperti solar atau tenaga matahari dan bayu atau tenaga angin.

Epung
ANT

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *