Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

GAPKI: Produksi Sawit Nasional Mencukupi Untuk BBN 30% GAPKI: Produksi Sawit Nasional Mencukupi Untuk BBN 30%
Produsen sawit yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mengungkapkan, produksi kelapa sawit nasional mencukupi untuk pengembangan bahan bakar nabati (BBN) dengan... GAPKI: Produksi Sawit Nasional Mencukupi Untuk BBN 30%

Produsen sawit yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mengungkapkan, produksi kelapa sawit nasional mencukupi untuk pengembangan bahan bakar nabati (BBN) dengan kandungan minyak sawit 30 persen atau B30.

Ketua Umum Gapki Joko Supriyono di Jakarta, Kamis, menyampaikan, produksi minyak kelapa sawit (CPO) sangat mencukupi untuk penambahan tersebut.

“Kuncinya bukan di bahan baku, tapi di serapan pasar nantinya,” katanya menanggapi permintaan Presiden Joko Widodo agar campuran minyak sawit di biodiesel ditingkatkan dari 20 persen jadi 30 persen .

Sebelumnya Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas bersama Presiden dan menteri lainnya, mengungkapkan Presiden Joko Widodo meminta peningkatan campuran minyak sawit di biodiesel dari 20 persen jadi 30 persen “Hal lain yang presiden sampaikan terkait biodiesel 20 persen sekaligus dikaji penggunaan menuju 30 persen,” ujar Airlangga, Senin (09/7).

Menurut Joko Supriyono, selama ini penyerapan biodiesel relatif bergantung pada sektor transportasi. Berkat aturan mandatori biodiesel 20 persen (B20) yang telah diterapkan untuk BBM, penyerapan komoditas minyak nabati ini banyak fokus di sektor kendaraan.

“Karena itu dengan penambahan porsi menjadi 30 persen, otomatis pasar biodiesel bakal makin melonjak,” katanya.

EPung
ANT

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *