Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Ekspor Biji Kopi Robusta Lampung 4.011 Ton Ekspor Biji Kopi Robusta Lampung 4.011 Ton
Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Lampung mengatakan bahwa eskpor biji robusta Lampung pada April 2018 sebesar 4.011 ton. “Jumlah itu mendatangkan devisa... Ekspor Biji Kopi Robusta Lampung 4.011 Ton

Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Lampung mengatakan bahwa eskpor biji robusta Lampung pada April 2018 sebesar 4.011 ton.

“Jumlah itu mendatangkan devisa sebesar 7,7 juta dolar Amerika Serikat,” kata Ketua Renlitbang AEKI Lampung, Muchtar Lutfie, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan berdasarkan data yang dihimpun Dinas Perdagangan Lampung, menunjukkan ekspor biji kopi robusta maupun arabika daerah itu menuju beberapa negara terutama di kawasan Eropa dan Asia.

Negara tujuan ekspor Lampung antara lain Alzajair, Armenia, Belgia, Bulgaria, Republik Ceko, Mesir, Georgia, Jerman, Yunani, Hong Kong, India, Italia, Jepang, Malaysia, Maroko, Portugal, Rusia, Singapura, Swiss, Inggris, Afrika Selatan, Rumania, Iran, Amerika Serikat, dan Swedia.

Sementara panen kopi di Provinsi Lampung tahun ini diperkirakan turun sekitar 40 hingga 50 persen akibat intensitas musim hujan cukup tinggi pada tahun lalu.

Ketua AEKI Lampung mengatakan bahwa panen biji kopi tahun ini turun hingga 50 persen dibandingkan tahun lalu.

“Akibatnya ekspor kopi Lampung juga dipastikan turun pada tahun ini. Tahun lalu ekspor biji kopi mencapai 300 ribu ton dan pada 2018 ekspor diperkirakan turun hingga 50 persen juga,” katanya.

Ia mengatakan bahwa penurunan produksi komoditas andalan Lampung itu salah satunya dipengaruhi faktor cuaca ekstrem yang terjadi pada tahun lalu berupa curah hujan cukup tinggi, sehingga bakal buah tanaman kopi banyak yang rontok.

epung
at

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *