Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Dosen UPN Jakarta Ingatkan Generasi Milenial Bahaya Hoax di Medsos Dosen UPN Jakarta Ingatkan Generasi Milenial Bahaya Hoax di Medsos
Jakarta, – Sejumlah dosen dari fakultas Ilmu komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran jakarta melakukan kegiatan seminar kepada generasi milenial dengan mengusung tema kewaspadaan akan... Dosen UPN Jakarta Ingatkan Generasi Milenial Bahaya Hoax di Medsos

Jakarta, – Sejumlah dosen dari fakultas Ilmu komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran jakarta melakukan kegiatan seminar kepada generasi milenial dengan mengusung tema kewaspadaan akan pemberitaan yang terdapat pada sosial media.

Kegiatan ini dilakukan menanggapi maraknya peredaran berita palsu alias hoax di media sosial di Indonesia belakangan ini.

Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan kepada generasi milenial untuk bisa mengantisipasi jika ada berita hoax sekaligus tidak menyebarkan berita palsu di media sosial maupun lingkungan masyarakat.

“Memberikan pembelajaran kepada masyarakat sejak dini (siswa sekolah SMP) bagaimana menghadapi pemberitaan yang disajikan di sosial media,” kata Rio Wirawan salah satu dosen yang jadi pembicara dalam kegiatan tersebut kepada Komoditas pada Senin (29/10) lalu.

Seminar ini merupakan salah satu kegiatan para dosen UPN Veteran dalam menjalankan tridarma dosen yaitu melaksanakan program kemitraan kepada masyarakat. Selain Rio, ada beberapa dosen yang jadi pembicara yaitu M Bayu Wibosono, Indra Permana S, Helena Nurramdhani I, ria astriratma, Ika Nurlaili.

Adapun peserta yang hadir adalah para pelajar dari sekolah SMP IT Al Qalam Depok. Alasan mengapa penyuluhan ini dilakukan pada para pelajar dikarenakan pada anak seusia SMP adalah usia yang pas untuk memulai dan mengenal internet.

“Dalam usia yang muda akan rentan dalam menerima dan mendapatkan pemberitaan yang berasal dari sosial media. Oleh karena itu perlu dilakukan pemberian pembelajaran dengan maksud meningkatkan kewaspadan akan pemberitaan yang ada di sosial media,” kata Rio.

Sambutan hangat pun diberikan oleh para peserta. Karena pada umumnya para pelajar sudah mengakses ke banyak sosial media tapi kurang pengetahuan untuk memfilter berita yang ada.
Seminar yang dilaksanakan dengan maksud sekaligus memperingati hari sumpah pemuda 28 Oktober ini dibagi 3 pembicara yaitu M Bayu Wibisono dengan membawakan materi menyikapi suatu berita menurut pandangan Islam.

Pembicara kedua Rio Wirawan dengan membawakan materi dan demo website “ayo klarifikasi” sebagai salah satu upaya klarifikasi berita yang ada di dunia maya, dan pembicara ketiga Helena Nurramdhani yang membawakan materi dan kuis hoax or not.

Hermawan

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *