Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Bu Susi, Penenggelaman Kapal Ikan Tak Akan Efektif Bu Susi, Penenggelaman Kapal Ikan Tak Akan Efektif
Komoditas.co.id – Center for Strategic and International Studies (CSIS) menyatakan kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang menenggelamkan kapal pencuri ikan liar di... Bu Susi, Penenggelaman Kapal Ikan Tak Akan Efektif

Komoditas.co.id – Center for Strategic and International Studies (CSIS) menyatakan kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang menenggelamkan kapal pencuri ikan liar di perairan Indonesia tidak akan pernah efektif dalam jangka waktu panjang.

“Mungkin pada jangka waktu pendek kebijakan itu efektif karena meningkatkan dukungan publik terhadap penegakan hukum di wilayah laut kita. Tapi dalam jangka waktu panjang tidak akan pernah efektif karena perbatasan laut Indonesia panjang sekali, ditenggelamkan di sini, muncul di sana,” kata Direktur Eksekutif CSIS Philips J. Vermonte dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Philips menuturkan, yang diperlukan saat ini adalah peningkatan kemampuan Indonesia sendiri untuk melindungi dan menegakkan hukum di wilayah lautnya, termasuk memperkuat “coast guard” yang masih bermasalah.

Di sisi lain, lanjut dia, penegakan hukum di Indonesia juga diakuinya masih lemah. Belum lagi, birokrasi pemberian perizinan atau lisensi kapal yang masuk ke perairan Indonesia.

“Kadang-kadang persoalannya di kita juga, apakah administrasinya, apakah izinnya sudah habis atau dipindah ke kapal lainnya. Ini juga pekerjaan rumah buat Indonesia. Meski saya kira pemerintah Jokowi-JK sudah mencoba mengurus masalah perbaikan administrasi seperti itu,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif National Maritime Institute (Namarin) Siswanto Rusdi menilai proses hukum dalam kebijakan penenggelaman kapal yang melakukan penangkapan ikan ilegal tidak transparan.

Komoditas | Ant

  • Johne155

    5 April 2016 #1 Author

    Keep working ,impressive job! kddkeadgfdkk

    Balas

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *