Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Bonus Demografi Sebagai Jalan Meloncat Menjadi Negara Maju Bonus Demografi Sebagai Jalan Meloncat Menjadi Negara Maju
Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menyatakan bahwa bonus demografi yang bakal diterima oleh Republik Indonesia harus benar-benar bisa dimanfaatkan untuk melesatkan kemajuan dari... Bonus Demografi Sebagai Jalan Meloncat Menjadi Negara Maju

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menyatakan bahwa bonus demografi yang bakal diterima oleh Republik Indonesia harus benar-benar bisa dimanfaatkan untuk melesatkan kemajuan dari beragam aspek perekonomian bangsa.

“Bonus perlu demografi dipandang sebagai jalan bagi Indonesia untuk bisa meloncat menjadi negara maju. Momentum ini juga dinilai strategis dalam meningkatkan capaian Indonesia di berbagai bidang,” kata Kepala Penelitian CIPS Hizkia Respatiadi di Jakarta, Senin.

Menurut Hizkia, kondisi tersebut bakal memberikan keuntungan ekonomi berupa ledakan jumlah penduduk usia produktif yaitu usia yang berada dalam rentang 15-64 tahun.

Jika dimanfaatkan dengan baik, lanjutnya, maka keuntungan tersebut bakal mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan.

Untuk memanfaatkan bonus demografi yang berkualitas, sejumlah program juga telah diluncurkan oleh pemerintah seperti Program Kementerian Kesehatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), program peningkatan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) dan perkembangan otak anak-anak di bawah umur 2 tahun (Baduta).

Selain banyak program tersebut, sejumlah instansi seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan juga terus menggiatkan program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di berbagai daerah.

Epung

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *