Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Tambang Ilegal Rusak Lingkungan Tambang Ilegal Rusak Lingkungan
Komoditas – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten Situbondo, Kholil menyatakan bahwa petambangan ilegal sangat berpotensi merusak lingkungan jika tidak dilengkapi dengan analisis... Tambang Ilegal Rusak Lingkungan

Komoditas – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten Situbondo, Kholil menyatakan bahwa petambangan ilegal sangat berpotensi merusak lingkungan jika tidak dilengkapi dengan analisis mengenai dampaknya.

“Dari catatan kami, sejauh ini dari sejumlah pelaku usaha pertambangan di Situbondo yang telah mengajukan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) maupun upaya pengelolaan lingkungan dan upaya pemantauan lingkungan (UPL dan UKL) hanya satu penambang,” katanya di Situbondo, Jawa Timur, Rabu.

Karena dari sejumlah penambang batu maupun urukan tanah hanya satu yang baru mengajukan dokumen UPL dan UKL, lanjut dia, meminta seluruh penambang segera mengajukannya ke Dinas Lingkungan Hidup guna menjaga kelestarian lingkungan.

Ada beberapa hal yang dikaji dalam proses analisis mengenai dampak lingkungan dan UPL-UKL, katanya, seperti aspek fisik yaitu kimia, ekologi, sosial ekonomi dan kesehatan masyarakat sebagai pelengkap studi kelaikan suatu rencana kegiatan di lingkungan.

“Kami juga sampaikan bahwa untk pengajuan atau pembuatan UPL dan UKL kepada kami semuanya gratis dan tidak ada pungutan biaya. Hanya saja para penambang juga harus memenuhi dokumen-dokumen terkait pertambangan,” katanya.

Kholil menjelaskan, perizinan tersebut tidak hanya dijadikan administrasi belaka, melainkan menjadi pedoman oleh penambang untuk melakukan rehabilitasi pascatambang dan tidak merusak kelestarian lingkungan baik polusi dan tetap menjaga kepentingan sosial di sekitar lokasi pertambangan.

Khairi
Antara

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *