Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Pertamina Latih 5.000 Tenaga Kerja Lokal Pertamina Latih 5.000 Tenaga Kerja Lokal
Komoditas – Pertamina bekerja sama dengan Ditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan dan Pemprov Kaltim mengadakan pelatihan bagi 5.000 tenaga lokal yang berpotensi... Pertamina Latih 5.000 Tenaga Kerja Lokal

Komoditas – Pertamina bekerja sama dengan Ditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan dan Pemprov Kaltim mengadakan pelatihan bagi 5.000 tenaga lokal yang berpotensi menjadi calon pekerja proyek pengembangan kilang minyak (Refinery Development Masterplan Program /RDMP) Balikpapan.

Pelatihan tersebut dilaksanakn secara bertahap, dimana saat ini 30 lulusan SMK dan SMA dari 6 kelurahan sekitar wilayah ring I Kilang Balikpapan, tengah mengikuti pelatihan welder (juru las) di Balai Latihan Kerja ( BLK) Balikapan.

Region Manager Communication and CSR Kalimantan, Yudi Nugraha melalui keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Kamis, menyatakan pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan nilai jual tenaga kerja di Kalimantan Timur untuk bersaing mendapatkan kesempatan bekerja.

Pelatihan tersebut difokuskan bagi masyarakat di sekitar area proyek yang akan dilatih dalam tiga bidang khusus yang relevan.

“Para calon pekerja yang berasal dari masyarakat sekitar area proyek akan dilatih dengan bidang khusus yang relevan dengan proyek yakni terkait penerapan HSSE, pendukung proyek seperti welder dan yang terkait dengan keahlian instrument,” katanya.

Total kebutuhan tenaga kerja proyek RDMP Balikpapan yang mencapai 25.000 orang mayoritas adalah tenaga kerja terlatih yang diharuskan menguasai teknologi atau skill tertentu, dan sebagian kecil di antaranya tenaga kerja pendukung seperti tenaga angkat, tenaga gali, supir, OB, dan cleaning service.

Pertamina membagi program pelatihan menjadi tiga kelompok yakni tenaga HSSE seperti safetyman, safety inspector, dan first aider dengan durasi pelatihan selama enam hari.

Khairi
ANT

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *