Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Pak Jokowi, Jangan Serahkan Komoditas Beras ke Pasar Bebas Pak Jokowi, Jangan Serahkan Komoditas Beras ke Pasar Bebas
Komoditas – Ketua Umum Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso meminta kepada pemerintah agar tidak menyerahkan komoditas beras pada pasar... Pak Jokowi, Jangan Serahkan Komoditas Beras ke Pasar Bebas

Komoditas – Ketua Umum Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso meminta kepada pemerintah agar tidak menyerahkan komoditas beras pada pasar bebas atau diliberalkan.

“Saya tidak setuju pangan pokok seperti beras diliberalkan.Karena itu Bulog harus difungsikan dan harus mampu menjadi market leader ,” ujarnya dalam Fokus Group Discussion (FGD) “Membahas telaah kritis industri perberasan nasional” di Jakarta, Selasa.

Sutarto menjelaskan menata industri perberasan sangat diperlukan sinergi semua pihak. Bulog dan pemerintah daerah harus bersinergi baik dengan pelaku usaha penggilingan padi skala kecil maupun skala besar sehingga perusahaan negara tersebut dapat memperbanyak pusat-pusat distribusi pangan sampai ke daerah.

“Kunci untuk menjamin ketersediaan beras dalam negeri harus perkuat sinergi semua pihak. Pemerintah harus membina penggilingan beras kecil dengan revitalisasi dan menyiapkan alat mesin pengering. Penggilingan skala beras didorong untuk hasilkan beras kualitas ekspor,” kata mantan Dirut Perum Bulog itu.

Sutarto juga menegaskan agar pemerintah menyetop tidak perlu impor beras pecah 100 persen, karena beras tersebut dapat diproduksi dalam negeri.

“Kita swasembada beras sudah dilampaui kini pendekatan ke arah kesejahteraan, harga pembelian pemerintah tidak cocok lagi Rp3700 per kg tetapi harusnya dinaikan,” kata mantan Dirjen Tanaman Pangan Kementan itu.

Edgar
Antara

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *