Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

INPEX Masela Bantu Ratusan Mahasiswa Ekonomi Lemah Berprestasi INPEX Masela Bantu Ratusan Mahasiswa Ekonomi Lemah Berprestasi
Komoditas – Beasiswa yang dilakukan INPEX Masela Ltd. sejak 2013 diakui berbagai pihak telah membantu mahasiswa -mahasiswi Maluku terutama yang berekonomi lemah tetap berprestasi... INPEX Masela Bantu Ratusan Mahasiswa Ekonomi Lemah Berprestasi

Komoditas – Beasiswa yang dilakukan INPEX Masela Ltd. sejak 2013 diakui berbagai pihak telah membantu mahasiswa -mahasiswi Maluku terutama yang berekonomi lemah tetap berprestasi di kampus.

Siaran pers yang diterima , Minggu, menyebutkan, sebanyak 313 mahasiswa di STIAS, STIESA, STKIP di Saumlaki, Maluku Tenggara Barat, di tempat INPEX menjalankan aktivitas pengembangan blok Masela dan 143 mahasiswa dari berbagai daerah di Maluku yang kuliah di Universitas Pattimura sudah merasakan manfaat menerima beasiswa INPEX tersebut.

“Program (beasiswa INPEX) ini merupakan kesempatan emas bagi penerima beasiswa untuk merasakan dampak secara tidak langsung dari kehadiran INPEX di blok Masela,” kata Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Rumpun Lelemuku, Poly Lelemufu saat acara Orientation Day (Hari Orientasi) bagi penerima beasiswa INPEX di Saumlaki, Kamis (18/1).

Ia menambahkan, mahasiswa yang menerima beasiswa selayaknya mensyukuri bantuan pendidikan tersebut, karena hal ini akan menjadi salah satu bekal bagi mereka pada masa depan apakah nanti akan terlibat langsung ataupun tidak dengan proyek Masela.

“Suatu saat adik-adik mahasiswa ini mesti bersyukur telah merasakan manfaat dari program investasi sosial dari INPEX,” kata Poly.

Salah satu penerima beasiswa INPEX, Goleus Didinous Dasfordate, mahasiswa STIAS semester VII, mengamini petuah dari Poly Lelemufu.

“Saya mewakili teman-teman penerima beasiswa INPEX mengucapkan rasa terima kasih dan bersyukur atas kehadiran INPEX dengan program ini yang membuat katong semua mampu melanjutkan pendidikan tanpa harus menghawatirkan biaya,” ujarnya.

“Terus terang, 98 persen dari katong penerima beasiswa berasal dari keluarga yang tidak mampu. Oleh karena itu, INPEX bagi katong semua laksana pelita yg menerangi katong semua dan masyarakat MTB untuk kehidupan yang lebih baik,” katanya menambahkan.

Beasiswa INPEX mensyaratkan penerima beasiswa untuk memiliki prestasi di bidang akademis dan mempunyai aktivitas ekstrakurikuler agar kemampuan sosial dan kepemimpinannya terasah, serta memiliki kesulitan membayar biaya kuliah sehingga beasiswa tersebut diharapkan tepat sasaran dan penerima beasiswa juga senantiasa terpacu untuk berprestasi lebih baik lagi untuk masa depannya.

Beasiswa ini merupakan perwujudan komitmen INPEX dalam melaksanakan program investasi sosial atau tanggung jawab sosial (CSR) kepada masyarakat setempat meskipun saat ini proyek LNG Blok Masela masih dalam tahap pengembangan dan belum berproduksi.

“Apa yang telah disampaikan penerima beasiswa INPEX tersebut memang juga menjadi harapan kami. Bantuan pendidikan ini akan menjadi bermakna jika penerima beasiswa ini benar-benar merasakan manfaatnya untuk meringankan beban biaya kuliah, meningkatkan kemampuan akademis serta kepemimpinan mereka. Kami tentu berterima kasih bahwa program ini mendapat pengakuan yang positif dari para pemangku kepentingan di Saumlaki khususnya,” ujar INPEX Masela Social Performance & Land Acquisition Manager, Puri Minari.

Adapun pada Orientation Day bagi penerima beasiswa INPEX di Saumlaki, INPEX menghadirkan pembicara yang berasal dari Unpatti, yakni Dr. J. Madubun (wakil rektor Unpatti) yang membawakan materi terkait kepemimpinan dalam organisasi, Joseph Ufi (motivasi dan sukses belajar di Perguruan Tinggi) dan Theophanny P Th Rampisela dengan materi “Be the Real You”.

Acara pertemuan yang berlangsung selama satu hari penuh itu dikemas dalam suatu acara yang bertujuan untuk memberikan motivasi, pembekalan dan ilmu yang bisa dimanfaatkan kelak baik sebagai mahasiswa ataupun saat mereka sudah lulus.

INPEX adalah Perusahaan Minyak dan Gas terbesar dari Jepang yang saat ini mempunyai lebih dari 70 proyek minyak dan gas di lebih dari 20 negara termasuk di Indonesia, Australia, Kazakhstan, Uni Emirat Arab, dan Brazil.

Di Indonesia, INPEX telah beroperasi sejak tahun 1966.

Saat ini, INPEX berpartisipasi dalam beberapa blok migas yang mencakup kegiatan eksplorasi, pengembangan dan produksi termasuk di Blok Masela dimana INPEX menjadi operator.

Blok Masela terletak di lepas pantai, yaitu di Laut Arafura sekitar 155 km arah Barat Daya Kota Saumlaki, Maluku Tenggara Barat dan saat ini masih dalam tahap pengembangan.

ANT
EPU

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *