Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Indonesia Jualan Minyak Kelapa Sawit dan Biodiesel ke Amerika Latin Indonesia Jualan Minyak Kelapa Sawit dan Biodiesel ke Amerika Latin
Komoditas – Pemerintah Indonesia mempromosikan produk-produk dalam negeri ke Republik Chile dalam upaya memperluas pasar ekspor untuk negara-negara nontradisional khususnya wilayah Amerika Latin dalam... Indonesia Jualan Minyak Kelapa Sawit dan Biodiesel ke Amerika Latin

Komoditas – Pemerintah Indonesia mempromosikan produk-produk dalam negeri ke Republik Chile dalam upaya memperluas pasar ekspor untuk negara-negara nontradisional khususnya wilayah Amerika Latin dalam program One on One Business Matching Misi Dagang.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Arlinda mengatakan bahwa Misi Dagang merupakan salah program unggulan untuk mempromosikan produk dalam negeri ke pasar global dan diharapkan mampu meningkatkan hubungan dagang kedua negara.

“Kami optimistis bahwa hasil pelaksanaan Business Matching dapat meningkatkan hubungan dagang antara kedua negara untuk lebih terbuka dan saling menguntungkan,” kata Arlinda, saat memberikan sambutan dalam acara tersebut di Santiago, Chile, Rabu waktu setempat.

Kementerian Perdagangan memfasilitasi para pelaku usaha maupun asosiasi dari dalam negeri untuk bertemu dengan pengusaha asal Chile. Dalam pertemuan itu, beberapa produk yang ditawarkan antara lain adalah minyak kelapa sawit, biodiesel, kendaraan dan peralatan militer, furnitur dan dekorasi rumah.

Dalam acara tersebut, kurang lebih sebanyak 37 pengusaha asal Chile dipertemukan dengan tujuh pelaku usaha Indonesia dari berbagai sektor unggulan.

Berdasar catatan Kementerian Perdagangan, dalam periode lima tahun terakhir periode 2012-2016, tren perdagangan antara Indonesia dan Chile mengalami penurunan sebesar 12,09 persen. Total perdagangan pada 2012 tercatat sebesar 381,99 juta dolar AS, sementara pada 2016 turun menjadi 227,15 juta dolar AS atau 29,28 persen.

Pada 2016 tersebut, sepuluh produk utama dan prospektif Indonesia yang diekspor ke Chile antara lain adalah alas kaki, tekstil dan produk tekstil, elektronik, mesin, makanan olahan, produk kimia, karet dan produk karet, produk kayu, pulp dan furnitur, otomotif dan produk plastik.

“Delegasi bisnis Indonesia menawarkan produk-produk ekspor unggulan terbaik dan terpercaya, kegiatan ini menjadi upaya untuk mempromosikan Indonesia ke pasar global,” ujar Arlinda.

Dalam kesempatan tersebut, pelaku usaha asal Indonesia Home Fashions Erry Mahardika mengatakan bahwa dalam One on One Business Matching tersebut setidaknya terdapat enam pengusaha lokal Chile yang berminat atas produk furnitur dan home decor buatan Cirebon tersebut.

“Ada potensi transaksi kurang lebih mencapai 120 ribu dolar Amerika Serikat, ini untuk segmentasi menengah ke atas. Potensi Chile memang besar,” kata Erry.

Kementerian Perdagangan menilai untuk meningkatkan kembali kinerja perdagangan Indonesia-Chile yang turun dalam lima tahun terakhir, dapat didorong dengan adanya pertemuan-pertemuan serupa guna meningkatkan informasi kepada pengusaha Chile akan produk-produk Indonesia.

Meskipun nilai perdagangan kedua negara mengalami penurunan, Indonesia masih mengantongi surplus kurang lebih sebesar 60,47 juta dolar AS pada 2016, meskipun pada tahun sebelumnya Indonesia mengalami defisit sebesar 26,6 juta dolar AS.

Epung/ANT

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *