Komoditas.Co.Id

Berita Ekonomi dan Komoditi Pilihan

Dalam Empat Bulan Harga Karet di Barito Terun Anjlok Dalam Empat Bulan Harga Karet di Barito Terun Anjlok
Komoditas – Harga karet di pedalaman Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah pada akhir April 2017 kembali turun menjadi Rp5.000 per kilogram dari sebelumnya Rp6.000/Kg.... Dalam Empat Bulan Harga Karet di Barito Terun Anjlok

Komoditas – Harga karet di pedalaman Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah pada akhir April 2017 kembali turun menjadi Rp5.000 per kilogram dari sebelumnya Rp6.000/Kg.

“Turunnya harga karet ini sudah terjadi dalam empat bulan terakhir terus turun,” kata Irwansyah, seorang petani karet di Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru, Selasa.

Irwansyah mengatakan posisi harga karet yang kembali melemah ini cukup membuat petani kecewa karena dalam empat bulan terakhir terus anjlok.

Kabupaten pedalaman Sungai Barito satu sentra kebun karet di Provinsi Kalimantan Tengah. Dominan petani bergerak di sektor perkebunan karet.

Posisi harga yang melemah merata terjadi pada sentra kebun karet di kabupaten ini. Produksi kebun karet rakyat dominan ditampung kalangan pedagang yang mendatangi kebun petani, atau lebih dikenal sebutan tengkulak.

“Ini juga bisa karena ulah tengkulak yang memang menguasai petani,” katanya dan menambahkan para tengkulak mengaku patokan harga beli disesuaikan dengan posisi harga jualnya di kalangan pedagang di Banjarmasin, pusat pemerintahan Kalimantan Selatan.

“Masalahnya para petani daerah ini masih tergantung pada para tengkulak karena sampai sekarang belum ada pabrik karet, padahal hasil produksi karet petani cukup banyak,” katanya.

Edgar
ANT

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *